Workshop Pergub Penyelenggaraan Kesehatan Reproduksi dalam Penanggulangan Bencana

Dengan adanya Pergub Penyelenggaran Panggulangan Kesehatan Reproduksi dalam Situasi Bencana diharapkan mampu menjawab permasalahan terkait kesehatan reproduksi dalam penanggulangan bencana. Bukan hanya pada tanggap darurat tetapi mulai dari pra bencana dan pasca bencana, terutama dalam hal mengupayakan Paket Pelayanan Awal Minimum.

workshop-kespro-dalam-penanggulangan-bencana

Hal tersebut disampaikan oleh Anggoro Budi Prasetyo (Direktur Aksara) saat menjadi narasumber workshop Penyelenggaran Panggulangan Kesehatan Reproduksi dalam Situasi Bencana di DIY yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan (BPPM). Workshop tersebut bertujuan untuk memberi masukan pada draft pergub beserta lampirannya. Selain dari Perkumpulan Aksara workshop juga menghadirkan narasumber dari BPPM dan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK).

Workshop melibatkan 45 orang yang terdiri dari perwakilan BPBD,Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat, Organisasi Profesi, dan Kelompok Masyarakat Sipil di Daerah Istimewa Yogyakarta. Para peserta workshop tersebut diminta untuk memberi masukan baik secara redaksional maupun konten pada draft pergub, standar dan prosedur operasional serta lampiran pembagian tugas dan tanggung jawab. (Gabriela Pipit Lina / Choiri)