Pelatihan WTP (1)Aksara – Bertempat di Pusdalops BPBD DIY, Aksara melakukan pelatihan Water Treatment Plant dalam kondisi darurat, Rabu (18/11/2015). Pelatihan yang merupakan rangkaian kegiatan dalam Sekolah Bencana ini dimaksudkan untuk peingkatan kapasitas mitra dan jaringan dalam respon bencana.

Dalam pelatihan yang rencananya akan berlangsung sampai Kamis (19/11/2015) tersebut, peserta tidak hanya diajak untuk berlatih cara mengoperasikan peralatan pengolahan air bersih. Tetapi juga belajar bersama tentang pengetahuan dasar Water And Sanitation and Hygiene Promotion.

Evitasari dan Wakid, dua orang fasilitator dari perkumpulan Aksara pada hari pertama mengajak peserta untuk belajar tentang dasar-dasar WASH. Beberapa materi yang dipelajari antara lain, rantai penyebaran penyakit, rantai air aman dan pilihan model sanitasi. Peserta yang berasal dari beberapa lembaga dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di kabupaten dan kota Daerah Istimewa Yogyakarta nampak bersemangat mengikuti penjelasan dari fasilitator.

Pada hari kedua Fasilitator, Eko Agung dari PMI dan Evitasari mengajak peserta untuk belajar tentang cara-cara penyediaan air bersih pada kondisi darurat. Peserta diperkenalkan dengan beberapa metode pengolahan air bersih, diantaranya adalah cara praktis memurmikan air dengan cepat menggunakan metode kimia, Juga dengan Water Treatment Plant (WTP).

Pelatihan WTP (2)

Menurut peserta, pelatihan ini cukup menarik, selama ini banyak peserta yang tidak memahami prinsip-prinsip pengolahan air meski sebagian sudah pernah mengoperasikan WTP. Peserta juga merekomendasikan pelatihan lanjutan dalam pengoperasian WTP, karena peralatan WTP ada beberapa macam.

“Kami sangat senang, karena selama ini kami belum mengetahui prinsip-prinsip pengolahan air. Selama ini kami hanya tahu bagaimana mengoperasikan peralatannya saja” ujar Suparji, salah satu peserta.