FGD Penyelenggaraan Penanggulangan Kesehatan Reproduksi dalam Situasi Bencana di DIY

Yogyakarta, Rabu (12/8), BPPM DIY bersama Perkumpulan Aksara mengadakan FGD tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Kesehatan Reproduksi dalam Situasi Bencana. Ini merupakan bagian dari proses penyusunan draft Peraturan Gubernur tentang kesehatan reproduksi dalam situasi bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta.
fgd-penyusunan-pergub-kespro-dalam-bencana-diy
Sebagai bahan masukan dalam penyusunan isi draft pergub ini, FGD menghadirkan 2 narasumber yaitu dari BPBD dan BAPPEDA DIY. Narasumber dari BPBD menyampaikan tentang prosedur akses  dan pemanfaatan dana siap pakai oleh BPBD DIY. Sedang BAPPEDA menyampaikan materi tentang kebijakan pemerintah DIY dalam penanggulangan bencana yang ditinjau dari aspek perencanaan dan penganggaran.

Diskusi yang melibatkan Dinas Kesehatan, Biro Hukum serta instansi maupun lembaga terkait kesehatan reproduksi dan kebencanaan ini akan ditindaklanjuti dengan memberi masukan terhadap isi draft pergub tentang kesehatan reproduksi dalam situasi bencana. Harapannya dengan adanya banyak masukan akan menghasilkan draft Pergub yang mudah dipahami dan diterapkan dalam upaya penyelenggaraan pelayanan kesehatan reproduksi dalam situasi  bencana di DIY.