Pendampingan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender di DIY

Badan pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM DIY) bekerjasama dengan Perkumpulan Aksara melakukan pendampingan Perencanaan dan Penganggaran Responsif gender di lingkungan pemerintahan Daerah Istimewa yogyakarta (DIY). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan dalam upaya percepatan Pengarusutamaan gender di DIY. Pada tahun ini ada beberapa SKPD yang akan didampingi oleh BPPM dan Perkumpulan Aksara.

pendampingan-perencanaan-dan-penganggaran-responsif-gender

Minggu ini, Mulai Senin (6 Juli 2015) Kemarin sampai dengan Kamis (9 Juli 2015) berturut-turut akan dilakukan pendampingan di Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Inpektorat, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA). Sementara untuk SKPD lainnya akan lainnya akan menyusul kemudian.

pendampingan-perencanaan-dan-penganggaran-responsif-gender-di-yogyakarta

Maksud dari pendampingan PPRG ini adalah untuk meningkatkan kapasitas bagian perencana di masing-masing SKPD dalam penyusunan Anggaran yang Responsif Gender. Terutama dalam melakukan analisa gender dalam perencanaan dengan menggunakan Gender analysis Pathway (GAP) dan menyusun Gender Budget Statement (GBS).