Penyusunan Mekanisme Kedaruratan Forum PRB DIY

sekolah-bencana-penyusunan-renkon-fprb-diyAksara – Bertempat di Aula Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Aksara bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) DIY menginisiasi penyusunan Mekanisme Kedaruratan FPRB DIY, Selasa (19/1/16) – Rabu (20/1/16).
Inisiasi ini didasari dari beberapa pengalaman Forum dalam melakukan respon bencana serta perubahan kondisi serta situasi dalam kerja-kerja kebencanaan yang terus berkembang. Hal itu disampaiakan oleh Gabriela Pipit Lina (Perkumpulan Aksara) saat mewakili Direktur Perkumpulan Aksara dalam pembukaan.
Acara yang berlangsung selama 2 hari itu berlangsung cukup dinamis dan interaktif. Peserta yang terdiri dari beberapa perwakilan Pengurus dan anggota FPRB DIY bergantian mengeluarkan pendapat dan gagasan dipandu oleh Untung Tri winarso (Perkumpulan Lingkar). Salah satu poin yang menjadi pembahsan seru adalah masih perlukah gugus tugas dibentuk saat tanggap darurat, sementara saat ini BPBD sudah terbentuk dan mempunyai Rencana-rencana Kontijensi.
Menurut Aris Sustiono (kabid 1 FPRB DIY) pembentukan gugus tugas sudah tidak relevan lagi pada kondisi sekarang. Sedang menurut peserta lainnya, yang diperkuat oleh fasilitator, Keberadaan gugus tugas memang sudah tidak relevan. Tetapi sektor atau cluster dalam forum harus tetap ada karena sektor (cluster) bukan bersifat adhoc.
Dari hasil diskusi selama 2 hari, tersusun draft awal mekanisme kedaruratan yang harapannya menjadi panduan forum dalam melakukan kerja-kerja pengurangan risiko bencana baik pada kondisi normal, tanggap darurat maupun rehab-rekon.(CA)