Sekolah Bencana – Diskusi Tematik Prinsip Kerja Kemanusiaan, Standar Sphere Dan Akuntabilitas

sekolah-bencana-diskusi-tematik-standar-sphereAksara – Standar menjadi penting bagi pekerja kemanusiaan, ini diungkapkan oleh Ibu Susi dari Yakkum Emergencey Unit (YEU) dalam serial diskusi tematik yang diadakan oleh Perkumpulan Aksara, Rabu (2/12/2015) di Jayakarta Hotel, Yogyakarta. Diskusi ini dihadiri oleh perwakilan BPBD dari 5 Kabupaten/Kota dan organisasi kemanusiaan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Standar ini menjadi penting untuk menjaga kualitas dan akuntabilitas dalam respon kemanusiaan,” Kata Ibu Susi

Diawal diskusi, peserta diajak kembali untuk mengingat prinsip dasar bantuan kemanusiaan dan kode etik pekerja kemanusiaa. Kemudian setelah itu membahas standar Sphere yang menjadi panduan dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Selain standar-standar umum seperti, air bersih, makanan, hunian dan perlindungan peserta juga diajak berdiskusi membahas “cross cutting issu”. Bagi sebagian besar peserta Standar Sphere sudah menjadi panduan dalam kerja-kerja kemanusiaan.

Selain penerapan standar-standar tersebut, hal lain yang harus diperhatikan adalah Akuntabilitas dalam penyaluran bantuan. Akuntabilitas bukan hanya melaporkan proses dan hasil kepada donor, tetapi juga kepada penyintas penerima bantuan. Hal ini dapat dilakukan dengan mendorong keterlibatan penyintas dalam proses penyaluran dan pengelolaan bantuan.

Anda dapat mendownload buku panduan Sphere Standar versi bahasa Indonesia dan Core of Humanitarian Standart (CAS) versi Indonesia di Halaman Download Website Aksara