Simulasi Mekanisme Kedaruratan Forum PRB DIY

sekolah-bencana-top-table-exercise-renkon-fprb-diyAksara – Melanjutkan hasil penyusunan mekanisme kedaruratanForum Pengurangan risiko Bencana (FPRB) DIY, Aksara bersama FBRB DIY mengadakan Simulasi terhadap draft mekanisme kedaruratan di Hotel Jayakarta, Yogyakarta, Kamis (21/1/16) sampai Jumat (22/1/16).

Simulasi ini dilakukan untuk melihat kelemahan dan kekurangan dari draft mmekanisme kedaruratan yang telah disusun sebelumnya.Terlibat dalam simulasi adalah Pengurus FPRB DIY dan Perwakilan dari anggota FPRB DIY dan dipandu oleh Untung Tri Winarso (perkumpulan Lingkar).

Simulasi diawali dengan penjelasan tentang mekanisme kedaruratan yang telah disusun sebelumnya. Fasilitator menjelaskan detail dari mekanisme kedaruratan yang telah disusun, kemudian dikritisi bersama. Menurut fasilitator, memang ada beberapa hal yang perlu penjelasan lebih lanjut agar mekanisme kedaruratan ini dapat dipahami dan dimengerti untuk diaplikasikan.

Simulasi dilakuka pada hari kedua, dengan model Table To Exercise (TTX). TTX melibatkan hampir semua pengurus dan Pokja FPRB DIY dan beberapa perwakilan dari Lembaga Anggota. Dari hasil evaluasi yang dilakukan paska simulasi, ada beberapa masukan terkait dengan beberapa hal yang masih perlu perbaikan. Kedepan mekaminsme kedaruratan ini dapat dijadikan acuan bagi forum untuk menjalankan fungsinya, baik pada saat normal, kondisi darurat maupun masa rehab.rekon.