Orang-Orang Kita / Our People

Anggoro Budi Prasetyo

MSc, (Manajemen Bencana)

Peran: Direktur Eksekutif

Bidang tanggung jawab: Manajemen operasional, kebijakan dan advokasi.

Anggoro Budi Prasetyo adalah Direktur Eksekutif Perkumpulan Aksara dan fasilitator tata kelola pemerintahan serta kebencanaan dengan perspektif gender.

Anggoro bergabung dengan Aksara pada tahun 2009. Sebelum bertugas menjadi Direktur Eksekutif, dia bertugas sebagai Board di Perkumpulan Aksara dan juga sebagai staf peneliti di Pusat Studi Kebudayaan UGM. Dia tertarik dengan isu-isu hak asasi manusia terutama hak asasi perempuan, kesetaraan gender, dan juga kebencanaan.

Anggoro pernah bergabung dengan Instituta Hak Asasi Perempuan (IHAP) Yogyakarta pada divisi pendidikan dan pelatihan serta pendampingan masyarakat. Di samping itu juga pernah menjadi Koordinator Presidium Forum Suara Korban Bencana Yogyakarta, dan juga Koordinator Gender Working Group (GWG) Yogyakarta. Sebuah jejaring bantuan kemanusiaan dan juga advokasi masyarakat terdampak bencana.

Dia adalah lulusan Magister Manajemen Bencana dari Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

ikuti @angieprast di Twitter

Gabriela Pipit Lina

S.I.Kom (Sarjana Ilmu Komunikasi)

Peran: Program Manager

Gabriela Pipit Lina atau yang kerap dipanggil dengan nama Pipit merupakan lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi dari Universitas Atma Jaya. Mempunyai pengalaman kerja di media selama 5 tahun dan di LSM sejak 2012 hingga sekarang.

Mulai bergabung di Aksara pada tahun 2015 dan memulai dari divisi Riset dan Data dan kemudian menjadi Project Officer pada program kerja  bersama Oxfam Indonesia. Selanjutnya dipercaya menjadi Program Manager di Aksara hingga 2017.

Bidang yang ditekuninya hingga saat ini adalah memberi pelatihan mengenai Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender yang dilakukan oleh Aksara bersama Pemerintah Daerah di DIY dan kabupaten di DIY.

Kholis Enitasari

Peran: Admin

Bidang tanggung jawab : administrasi dan staff keuangan (kasir).

Bergabung dengan Aksara sejak 2011 dan terlibat dalam berbagai program yang dijalankan baik secara langsung maupun support manajemen baik di bidang administrasi maupun keuangan.

Sebelumnya tergabung dengan beberapa NGO local dalam pendampingan masyarakat.

 

Siti Aslama

Peran: Akuntansi

Bidang Tanggung jawab : Keuangan

Siti Aslama bergabung di AKSARA pada bulan Maret  2014. Siti Aslama sudah 15 tahun berada di bagian keuangan.  Terutama keuangan di LSM.Sebelum bergabung di AKSARA Siti Aslama bergabung di FORUM LSM DIY dan Juga Pernah Bergabung di RUMPUN TJOET NJAK DIEN . di Forum LSM siti Aslama selama 7 tahun dan di RUMPUN TJOET NJAK DIEN selama 5 Tahun. Dan 3 Tahun terakhir ini bergabung dengan AKSARA.

 

Choiri Askolani

Peran: Riset dan Pengembangan Media

Bergabung dengan Aksara sejak 2010, 2 bulan sebelum terjadi erupsi merapi pada Oktober 2010.

Sebelumnya aktif di Pusat Studi Advokasi Rakyat Ponorogo selama 7 tahun dan posisi terakhir bertanggung jawab pada bidang Riset dan Pengembangan Media dalam proyek Perlindungan dan Pengarus utamaan Hak Anak serta Perlindungan Buruh Migran.

Selain Gender dalam tata kelola pemerintahan juga tertarik dengan Issu-issu Gender dan kebencanaan setelah terlibat dalam respon saat erupsi merapi 2010. Banyak belajar tentang Ketahanan pangan dalam situasi bencana serta penyaluran Bantuan dana tunai (cash transfer).

Beberapa aktivitas yang dilakukan terkait dengan respon bencana serta membangun ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana di Jogja; Jawa Tengah (Klaten, Purworejo, Magelang); DKI Jakarta; Jawa Timur (Pacitan, Lamongan, Pasuruan); Papua (Jayapura); NTB (Bima).